• HOTLINE 022 7530822

Acceptable Usage Policy (AUP)

Service Level Agreement (SLA)

Service Level Agreement ini berlaku untuk seluruh pelanggan Rumah Hosting yang mencakup layanan Cloud Web Hosting, Wordpress Hosting, Email Hosting, Cloud Server dan Dedicate Server. Pihak Lain yang secara tidak langsung menggunakan Layanan dari Rumah Hosting tetapi tidak terdaftar sebagai pelanggan dari Rumah Hosting, tidak berhak mendapatkan SLA ini.

Jaminan Uang Kembali

Rumah Hosting memberikan Jaminan uang kembali jika Rumah Hosting tidak dapat memberikan layanan sesuai dengan pesanan atau pelanggan merasa tidak nyaman menggunakan layanan dari Rumah Hosting. Jaminan ini tidak bisa diberikan jika pelanggan sudah menggunakan Bandwidth lebih atau sama dengan 20GB selama periode jaminan dan terjadi pelanggaran penggunaan layanan sebagaimana yang sudah diatur dalam “Acceptable Usage Policy”. Pelanggaran terhadap “Acceptable Usage Policy” membatalkan jaminan uang kembali.

Lama dari Jaminan Uang Kembali ini ditentukan berdasar layanan yang digunakan sebagai berikut,

  • Jaminan untuk Layanan Cloud Web Hosting dan Email Hosting
    Jaminan akan diberikan dalam waktu 60 Hari dimulai dari tanggal pemesanan (bukan aktif layanan).

  • Jaminan untuk Layanan Wordpress Hosting
    Jaminan akan diberikan dalam waktu 60 Hari dimulai dari tanggal pemesanan (bukan aktif layanan). Jika sebelumnya pelanggan sudah menggunakan Fasilitas Trial (Uji Coba) maka jaminan dianggap batal.

  • Jaminan untuk Layanan Cloud Server dan Dedicated Server
    Jaminan akan diberikan dalam waktu 14 Hari dimulai dari tanggal aktif layanan. Jaminan dianggap batal jika terjadi pelanggaran dan layanan diserang dalam bentuk “Packet Flooding” atau “Denial Of Service (DoS)”

Layanan lain yang tidak disebut pada butir diatas, tidak mendapatkan Jaminan uang kembali.

Jaminan Network Uptime 99.9% dan Server Uptime 99%

Rumah Hosting memberikan jaminan Network Uptime 99.9% dan Server Uptime 99%. Khusus layanan Cloud Server dan Dedicated Server, jaminan yang diberikan hanya mencakup Network Uptime. Rumah Hosting tidak akan memberikan jaminan apabila terjadi kerusakan pada server, DDoS Attack, Flooding, Hacking, server maintenance (mencakup rebooting dan upgrade) dan hal yang termasuk kedalam force-majeure.

Jaminan Keamanan Data

Rumah Hosting menjamin keamanan data pelanggan mencakup file website, email dan database. Rumah hosting tidak bertanggung jawab jika terjadi hilangnya data disebabkan:

  • Data hilang dikarenakan adanya pencurian akses meliputi akses ke cPanel, Website dan Email. Dikarenakan Komputer yang dimiliki pelanggan terinfeksi oleh Worm, Virus atau kecerobohan pelanggan dikarenakan melakukan akses dari komputer publik.

  • Script atau aplikasi web yang digunakan memiliki resiko tinggi terhadap keamanan atau yang biasa disebut bug.

Jaminan Kompensasi

Rumah Hosting akan memberikan kompensasi jika terjadi downtime sehingga SLA tidak dapat terpenuhi, Adapun Rumah Hosting akan memberikan kompensasi berupa saldo kredit (deposit). Kompensasi akan diberikan jika downtime yang terjadi lebih dari 3 jam atau akumulasi downtime selama satu bulan melebihi 1%.

Pelanggan harus melakukan Klaim terhadap kompensasi ini selambat-lambatnya 7 hari setelah terjadinya gangguan.

Pemberian kompensasi dapat kami tolak jika kegagalan disebabkan oleh pihak lain yang berada diluar tanggung jawab dari Rumah Hosting.


Acceptable Usage Policy (AUP)

Acceptable Usage Policy adalah perjanjian dimana pelanggan menyetujui sebelum menggunakan layanannya. Pelanggaran atas “AUP” ini dapat menyebabkan diputus secara sementara atau penghapusan atas account dari pelanggan yang melakukan pelanggaran.

Perjanjian ini dibuat dan secara otomatis mengikat pengguna layanan (Pelanggan) Rumah Hosting. Bawasannya perjanjian ini dibuat sedemikian rupa demi kepentingan bersama, serta keleluasaan dan keamanan pelanggan dalam memanfaatkan pelayanan di Rumah Hosting.

Layanan Rumah Hosting

1. Web Hosting

Web Hosting adalah suatu jasa penyewaan tempat untuk penyimpanan data website agar bisa diakses melalui internet. Pelanggan akan mendapat fasilitas sesuai dengan Daftar fasilitas yang tertera pada Website Rumah Hosting.

2. Email Hosting

Email Hosting adalah salah satu layanan yang di berikan oleh Rumah Hosting. Layanan ini menyediakan tempat penyimpanan email dengan menggunakan nama domain sendiri (Contoh: nama@domainanda.com) dan layanan ini dibatasi oleh fitur yang tertera pada daftar paket yang bisa dilihat pada Website kami.

3. Cloud Server dan Dedicated Server

Cloud Server merupakan layanan turunan dari Virtual Private Server yang berbasis cloud yang memberikan kontrok server secara penuh kepada pelanggan dengan batasan resource sesuai dengan layanan yang diambil.

Dedicated Server merupakan layanan penyewaan server fisik (dalam bentuk perangkat keras) yang spesifikasinya (Besaran Memory dan Hard Disk) dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan pelanggan mendapatkan akses penuh terhadap kepengelolaan server sesuai dengan spesifikasi yang diambil.

4. SSL Certificate

SSL Certificate ini merupakan layanan pengamanan website yang berbasis Secure Socket Layer (SSL) sehingga website dari pelanggan bisa berjalan pada protokol https://

5. Nama Domain

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke suatu website, tanpa harus mengingat IP Address yang digunakan website tersebut. Nama domain kadang-kadang disebut dengan istilah URL atau alamat website.

Bantuan Teknis (Technical Support)

Seluruh pelanggan berhak mendapat Bantuan Teknis (Technical Support) dan bisa didapatkan melalui Support Ticket dan Live Chat. Agar lebih efektif dan efisien, penanganan masalah yang cepat kami tidak melayani Bantuan Teknis (Technical Support) melalui Telepon/SMS. Adapun pembatasan atas Bantuan Teknis (Technical Support) ini yaitu:

  • Memperbaiki atau meninjau script/program yang dimiliki oleh pelanggan,
  • Melakukan perubahan atau upload file Pelanggan,

Bantuan teknis yang akan kami layani apabila terdapat suatu permasalahan yang berhubungan dengan layanan kami (web hosting & domain). Seperti permasalahan pada cPanel, email, server, atau juga pada domain.

Backup dan Restore Data

Seluruh data/file Pelanggan merupakan tanggung jawab dari masing-masing pelanggan, kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan data/file dikarenakan kesalahan dari pelanggan sendiri.

Rumah Hosting akan melakukan backup data mingguan secara gratis dan pelanggan berhak mendapatkan data backup mingguan ini. Kami tidak menjaminan ketersediaan data backup sesuai dengan keinginan pelanggan.

Layanan tambahan berupa Offsite backup diberikan untuk pelanggan yang datanya ingin terlindung dengan baik, dikarenakan backup akan dilakukan per hari dengan ketersediaan data backup 30 hari kebelakang dan Pelanggan yang sudah mengambil layanan ini berhak mendapatkan akses Backup melalui fitur “EasyBackup” yang bisa ditemukan didalam cPanel. Layanan ini akan dikenakan biaya tambahan yang besarannya bisa dilihat pada saat proses pemesanan layanan.

Restore Data yang dikarenakan layanan sudah dihapus, akan dikenakan biaya Rp. 200.000 dan pelanggan wajib menghubungi Rumah Hosting untuk memastikan ketersediaan data backup.

Kami menyarankan agar pelanggan selalu miliki data backup untuk menghindari hal yang tidak dikehendaki.

Pembayaran Layanan (Billing)

Seluruh pembayaran dilakukan ke Bank Tujuan pembayaran yang tertera pada email konfirmasi pada saat pelanggan melakukan pemesanan produk/layanan.

Biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan adalah sesuai dengan Invoice yang sudah diterbitkan pada saat melakukan pemesanan.

Pelanggan diwajibkan melakukan konfirmasi pembayaran melalui SMS, Email atau jalur lain sesuai instruksi pada email. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan sudah melakukan pembayaran dan dana yang sudah pelanggan bayarkan akan segera diproses oleh staff kami. Pembayaran yang sudah dibayar, tetapi tidak dikonfirmasikan maka kami anggap pembayaran tersebut tidak kami terima dengan baik dan Rumah Hosting tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditanggung oleh pelanggan.

Invoice akan diterbitkan secara otomatis 2 minggu (14 hari) sebelum masa berakhir kontrak. Pada periode tersebut pelanggan wajib melakukan pembayaran paling lambat 1 hari sebelum masa berakhir kontrak. Keterlambatan pembayaran akan menyebabkan putusnya layanan secara sementara, sampai Rumah Hosting menerima pembayaran dari pelanggan.

Invoice yang tidak dibayarkan 1 bulan setelah masa berakhir kontrak, akan menyebabkan pemutusan layanan secara permanen dan pelanggan akan dikenakan biaya tambahan untuk aktifiasi ulang layanan yang sebelumnya terputus.

Rumah Hosting tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan dikarenakan kelalaian pelanggan dalam melakukan kewajiban untuk membayarkan invoice yang sudah ditagihkan sebelumnya.

Kami memberikan garansi 30 hari uang kembali untuk layanan Shared Hosting dan Email Hosting. Garansi 12 hari uang kembali untuk Layanan VPS (sejak account diaktifkan) jika dalam waktu tersebut merasa tidak puas terhadap layanan Kami. Garansi tidak berlaku untuk domain. Dana Anda akan segera Kami kembalikan jika telah meminta refund melalui ticket ke staff Billing.

Seluruh informasi mengenai tagihan baru akan otomatis dikirimkan melalui Email ke alamat email pelanggan.

Pembatasan Penggunaan Layanan

Untuk menjaga agar server kami bisa berjalan dengan baik, maka aktifitas pelanggan kami batasi dengan butir-butir sebagai berikut:

  1. Tidak menggunakan server Rumah Hosting untuk kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia atau hukum yang berlaku di wilayah yang bersangkutan serta hukum Internasional.
  2. Pelanggan Rumah Hosting bertanggung jawab sepenuhnya atas isi (content) dalam setiap website-nya sendiri. Berikut adalah hal-hal / aktifitas yang tidak boleh pelanggan lakukan yang mengakibatkan server Rumah Hosting menjadi bermasalah :
    • Search Engine Optimization (SEO) Farms dan sejenisnya sangat dilarang pada seluruh jaringan server Rumah Hosting, dikarenakan bisa menyebabkan server menjadi tidak stabil dan mengganggu pelanggan lainnya.
    • Script yang digunakan hanya untuk mengambil RSS dari website lain.
    • Web Spider dan Indexers
    • Pirated software,
    • Plagiat Software / Website (Phising),
    • Program Hackers & Phreaking atau archives,
    • Warez Sites,
    • IRC Bot, BNC, Egg Drop, dll,
    • Aktifitas Torrent,
    • Isi situs melanggar copyright ataupun hak patent,
    • Menggunakan server Rumah Hosting untuk situs dewasa (adult),
    • Situs khusus Video / Audio Streaming,
    • Situs proxy dan site crawl,
    • Menjual barang tiruan/bajakan/palsu atau menjual barang denagan merk palsu,
    • Situs khusus upload dan download file. Contohnya sejenis RapidShare,
    • Dilarang untuk membuat situs image sharing, yaitu menyediakan situs gambar atau image yang di-share secara publik. Karena image sharing secara masal akan menyebabkan pelanggan lain sangat terganggu.
    • Kegiatan yang bisa merugikan pihak lain seperti penipuan, dan Ajaran dan faham yang bertentangan dengan hukum Republik Indonesia.
  3. Dilarang menggunakan server Rumah Hosting untuk menjalankan proses yang mengakibatkan proses bekerja terus menerus. Misalnya IRC bot, wget, Rapidleech, Java Chat Server dan lainnya.
  4. Dilarang mengadakan suatu aktivitas yang mengakibatkan overload pada server Rumah Hosting. Seperti membuat bot, backdoor atau kegiatan yang bersifat memberatkan server.
  5. Dilarang menjalankan aplikasi yang dapat mengundang serangan berupa “Packet Flooding” atau “Denial Of Service (DoS)” seperti Game Server, TeamSpeak server atau aplikasi lainnya.
  6. Dilarang melakukan SPAM berupa pengiriman:
    • Newsletter dan sejenisnya ke banyak e-mail dalam satu waktu,
    • E-mail Spam (e-mail penawaran barang atau jasa, promosi, affiliate, MLM ) atau segala jenis aktivitas yang mengganggu pihak lain ataupun pihak Rumah Hosting.
    • Website yang dianggap mengundang SPAM tidak diperbolehkan menggunakan layanan hosting di Rumah Hosting.
    • Pengiriman mail bombing pada server Rumah Hosting
    • Atau kegiatan lainnya yang serupa sehingga dapat merugikan penerima e-mail maupun Rumah Hosting.
  7. Dilarang mencoba merusak, mengganti data dan sistem server milik pihak ketiga melalui server Rumah Hosting.
  8. Dilarang menggunakan host, network atau accountnya untuk melakukan cracking, merusak jaringan security pihak ketiga, ataupun secara langsung merusak security site sebuah organisasi / institusi maupun website perorangan.
  9. Dilarang untuk menggunakan hosting Rumah Hosting sebagai hosting situs pemasang iklan yang memakai CMS WordPress dan sejenisnya, karena sangat menguras Processor dan Memori.
  10. Pada penggunaan Cronjobs hanya diperbolehkan menggunakan perintah yang menjalankan script PHP.
  11. Rumah Hosting tidak menyediakan akses ke SSH demi keamanan dan kebaikan bersama.
  12. Situs Forum atau Lainnya yang memiliki pengunjung cukup tinggi, disarankan untuk menggunakan VPS (Virtual Private Server) atau Dedicated Server (Server yang dimiliki sendiri). Dikarenakan hal ini sudah tidak sesuai dengan kondisi “Shared Hosting”.

Proses Kerja Aplikasi

Seluruh proses yang berkaitan dengan web server, termasuk script PHP, Cron job dan hal lainnya seharusnya tidak melebihi batasan sebagai berikut:

  • Menggunakan lebih dari 25% CPU dan/atau memory lebih dari 3 menit.
  • 100 Email per domain per jam.
  • 20 Koneksi ke web dalam satu waktu.
  • 50 Koneksi database dalam satu waktu
  • Aplikasi/script harus bisa diakses secara menyeluruh dalam waktu 150 detik.
  • Siklus penggunaan conjobs adalah maksimal 1 perintah dalam masa 1 jam dan perintah tersebut hanya dilakukan dalam hitungan jam.

Seluruh pelanggan yang menggunakan kinerja web server melebihi batas, akan diputus sementara tanpa atau dengan pemberitahuan terlebih dulu.

Pendaftaran Domain

  • Nama Domain yang sudah dipilih oleh pelanggan tidak bisa diubah dengan nama Domain lainnya, jika domain tersebut sudah didaftarkan lebih dari 7 hari. Sedangkan jika dibawah 7 hari, domain masih bisa diubah namanya dengan biaya tambahan (Besaran biaya akan ditentukan oleh staf kami).
  • Pelanggan tidak berhak mempersalahkan Rumah Hosting, apabila domain yang diinginkan sudah didaftarkan oleh pihak lain sebeum pihak Rumah Hosting dapat mendaftarkan domain yang diinginkan. Dikarenakan pada dasarnya pendaftaran domain bersifat “Siapa Cepat Dia Dapat”.
  • Seluruh informasi WHOIS pada domain sepenuhnya tanggung jawab dari pelanggan dan dilarang menggunakan Informasi WHOIS dengan informasi palsu atau informasi orang lain, tanpa ada persetujuan antara “Pelanggan” dengan “Pihak Lain” yang namanya digunakan pada Whois Information tersebut.
  • Pelanggan wajib tunduk dengan peraturan yang ditentukan oleh Registrar dan ICANN tentang penggunaan nama domain, format Whois Information, tata cara perpanjangan domain atau hal lainnya.

Perpanjangan Domain

  • Perpanjangan nama domain merupakan kewajiban dari Pelanggan/Pemiliki domain. Sistem kami dengan otomatis akan memberikan pemberitahuan melalui email mengenai habis masa berlaku domain sejak 30 hari hingga 1 hari sebelum masa berlaku domain pelanggan habis.
  • Perpanjangan domain bisa dilakukan maksimal 16 hari setelah tanggal masa berlaku domain habis dan setelah itu akan masuk kedalam periode REDEMPTION.
  • Pada Periode REDEMPTION domain masih bisa diperpanjang dengan biaya tambahan dan biaya ini akan ditentukan oleh staf Rumah Hosting. Dalam masa REDEMPTION Period domain bisa diperpanjang selama 31 hari.
  • Setelah Periode REDEMPTION domain akan masuk kedalam status “PENDING DELETE” dan pada masa ini, domain tidak akan bisa diperpanjang lagi. Hanya saja pelanggan bisa menunggu domain ini dilepas ke publik dan bisa dilakukan pendaftaran ulang, hanya saja Rumah Hosting tidak bertanggung jawab jika domain tidak bisa didaftarkan kembali dikarenakan domain sudah didaftarkan lebih dulu oleh pihak lain.
  • Rumah Hosting akan mengembalikan dana secara penuh atau ” Sesuai kesepakatan” jika pelanggan keberatan untuk membayaran biaya pada periode REDEMPTION.

Transfer Domain

  • Seluruh pelanggan akan diberikan EPP Code yang bisa digunakan untuk transfer domain dari Rumah Hosting ke penyedia layanan lain. EPP Code ini bisa didapatkan dari dalam Client Area.
  • Atau jika pelanggan ingin melakukan transfer domain ke Rumah Hosting, maka pelanggan diwajibkan memilki EPP Code yang benar agar proses transfer bisa berjalan dengan baik.
  • Sebelum Transfer Domain ke Rumah Hosting dilakukan, ada baiknya Status Domain dalam keadaan “Unlock”, Whois Privacy dalam keadaan “Non-Aktif” dan email pada “Administrative Contact” bisa menerima email dengan baik (Tidak overquota atau tidak aktif). Jika kondisi tersebut belum dipenuhi, maka proses transfer domain tidak bisa dilakukan oleh Rumah Hosting.
  • Adapun sebaliknya, jika pelanggan ingin Transfer Domain ke Penyedia layanan lain, Fitur Whois Privacy, Unlock Domain bisa diakses melalui Client Area.
  • Biaya transfer domain sudah termasuk perpanjangan masa berlaku domain 1 tahun kedepan.
  • Pada saat pelanggan melakukan permintaan untuk Transfer Domain dari Rumah Hosting ke penyedia layanan lain, sistem secara otomatis akan mengirimkan Email Persetujuan ke Administrative Contact domain dan pemilik domain bisa menyetujui atau tidak menyetujui permintaan transfer domain ini. Jika pelanggan tidak menggubris Email persetujuan ini selama 7 Hari setelah email dikirimkan, maka permintaan transfer domain ini akan dianggap gagal dan harus dilakukan transfer ulang.
  • Pelanggan tidak diperkenankan mengajukan keberatan atau tuntutan apapun ke Rumah Hositng, jika proses transfer Domain sudah selesai dilakukan atau telah berpindah ke Registrar lain.

Sanksi Pelanggaran

  • Rumah Hosting akan melakukan peringatan kepada pelanggan dan jika peringatan tersebut tidak ditanggapi selama 2 x 24 jam, maka Rumah Hosting akan segera melakukan pemutusan produk/layanan yang dimiliki pelanggan atau pemutusan produk/layanan bisa kami lakukan secara sepihak tanpa ada peringatan terlebih dahulu.
  • Account yang sudah diputus dikarenakan pelanggaran dan sudah diperingatkan tidak akan bisa digunakan lagi. Sejak itu kontraknya sudah tidak berlaku lagi.
  • Rumah Hosting berhak memutuskan kontrak secara sepihak tanpa ada pemberitahuan, terhadap account yang telah berulangkali diperingatkan atau yang kami anggap menganggu kinerja server, maka kami berhak untuk memutus tanpa ada peringatan terlebih dahulu.
  • Sebagai toleransi, kami akan mengembalikan data account tersebut setelah diputus sementara, dengan catatan mengirimkan surat perjanjian bahwa tidak akan mengulangi hal tersebut serta ditanda tangani di atas materai.
  • Tidak akan ada pengembalian dana yang diakibatkan atas pelanggaran yang ada.

Pernyataan dan Jaminan

  1. Rumah Hosting tidak bertanggung jawab atas kerugian pelanggan atau pihak ketiga yang timbul berkaitan dengan penggunaan Jasa, insidental atau kerugian serupa lainnya atas kerugian karena kehilangan pendapatan atau keuntungan nyata yang diharapkan atau kehilangan data pelanggan akibat terputusnya pelayanan Jasa Rumah Hosting.
  2. Pelanggan bersedia bertanggng jawab atas kerugian yang diderita pada poin ke-1 dan tidak akan melakukan tuntutan apapun kepada Rumah Hosting
  3. Rumah Hosting berhak untuk melakukan pemindahan sementara account dari pelanggan ke server lain dengan tujuan agar account pelanggan bisa berjalan dengan baik.
  4. Rumah Hosting mempunyai kewajiban untuk memberitahukan pelanggan mengenai kondisi pemeliharaan jaringan.
  5. Rumah Hosting akan melakukan pemberitahuan jika akan dilakukan pemeliharaan pada jaringan dalam waktu 24 – 48 Jam
  6. Rumah Hosting tidak dapat memberikan kompensasi apapun (materi/non-materi), jika terjadi gangguan dan/atau kerusakan data dan/atau kehilangan data pelanggan oleh sebab apapun (termasuk tapi tidak terbatas pada: matinya koneksi dari pihak uplink/ISP, kerusakan hardware, account pelanggan disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kesalahan pelanggan, kelalaian staf Rumah Hosting yang tidak sengaja, dan lain sebagainya). Namun sejatinya kami akan melayani pelanggan dengan baik.

Lain-Lain

  1. Perjanjian ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Apabila ada hal-hal yang belum diatur dalam Perjanjian Berlangganan ini, maka hal-hal tersebut akan diatur dan ditetapkan kemudian secara tertulis dengan tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan dan peraturan interen RUMAH HOSTING dan hukum yang berlaku di Indonesia.
  3. Beberapa kebijakan yang bersifat interen, akan diberitahukan langsung kepada pelanggan.
  4. Para pihak mengesampingkan Pasal 1266 dan 1267 KUHPer.

Copyright © Rumah Hosting. 2017